Alasan Bravo-5 Kembali Dukung Jokowi Dibandingkan Prabowo

Felldy Utama ยท Jumat, 09 November 2018 - 01:01 WIB
Alasan Bravo-5 Kembali Dukung Jokowi Dibandingkan Prabowo

Ketua Bravo-5 Fachrul Razi dalam deklarasi Perempuan Keren Bravo-5 di Jakarta, Kamis (8/11/2018). (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Tim relawan purnawirawan TNI pendukung Joko Widodo (Jokowi) Bravo-5 menegaskan dukungannya terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Kehadiran Bravo-5 sekaligus untuk menepis persepi masyarakat jika keluarga besar purnawirawan TNI pasti mendukung calon berlatar belakang TNI.

Ketua Bravo-5 Facrul Razi menuturkan, Bravo-5 dibentuk pada 2013 atau jelang Pilpres 2014. Tujuannya, untuk membangun situasi yang lebih kondusif karena friksi di masyarakat menjurus konflik horizontal. Situasi saat itu mirip dengan sekarang ini, hanya ada dua pasangan calon yang bertarung di pilpres.

"Kalau Bravo-5 tidak muncul dan nyata-nyata mendukung Pak Jokowi, akan gampang dicitrakan bahwa keluarga besar TNI ada di belakang Prabowo Subianto," kata Fachrul di acara deklarasi Perempuan Keren Bravo-5, Jakarta, Kamis, (8/11/2018).

BACA JUGA: Erick Thohir: Perempuan Ujung Tombak Kemenangan Jokowi-Ma'ruf

Dia menjelaskan, Bravo-5 yang lahir atas inisiasi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama para purnawiran lainnya langsung memutuskan untuk mendukung Jokowi. Saat itu pula publik akan melihat ternyata keluarga purnawirawan TNI kebanyakan tidak berada di belakang Prabowo.

"Dengan demikian, orang akan lebih bebas memilih, situasi demokrasi akan lebih kondusif, itu yang kami inginkan," kata dia.

Fachrul menuturkan, saat memimpin Bravo-5 sejumlah orang menyinggungnya tentang jiwa korsa atau semangat korps TNI. Menurutnya, jiwa korsa yang sudah tertanam kuat tidak akan pernah hilang.

"Tapi pada saat mengahadapi kepentingan yang lebih besar, jiwa korsa yang lebih kecil harus disisihkan. Artinya, pada saat kita berhadapan dengan persoalan bangsa, memilih pemimpin bangsa, maka kita pilih yang terbaik tanpa mempersoalkan dia mantan TNI atau bukan TNI dan Jokowi adalah yang terbaik," kata dia.

BACA JUGA: Survei Alvara: Baby Boomers hingga Milenial Pilih Jokowi-Ma'ruf

Facrul pun mengatakan bahwa saat ini Bravo-5 sudah mulai berjalan lagi ketika pihaknya telah mengevaluasi kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Jokowi-JK. Hasilnya, dalam empat tahun belakangan ini, ternyata kinerja Presiden Jokowi sangat luar biasa, jauh melebihi ekspetasi.

Terlebih, Jokowi ternyata tidak pernah berubah, yakni tetap rendah hati, akhlaknya terpuji, dan tidak memiliki catatan hitam dari kasus korupsi.

"Artinya, dia tidak pernah berubah, tetap seperti Joko Widodo yang lalu, sederhana. Maka dari itu, saya kira sudah pantas mendukung kembali Pak Jokowi dan yang sekarang berpasangan dengan Pak Ma'ruf Amin untuk memimpin kembali di 2019 mendatang," ujarnya.


Editor : Zen Teguh