Anies Baswedan Minta ASN DKI Kurangi Jabat Tangan untuk Cegah Penularan Korona

Wildan Catra Mulia · Rabu, 11 Maret 2020 - 15:26 WIB
Anies Baswedan Minta ASN DKI Kurangi Jabat Tangan untuk Cegah Penularan Korona

Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menginstruksikan kepada jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan berjabat tangan dan berkontak fisik langsung dengan sesama. Ajakan itu untuk menekan penyebaran virus korona (COVID-19) yang bisa menular karena bersentuhan langsung dengan orang yang terjangkit.

“Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta juga tadi diinstruksikan untuk mengurangi kegiatan jabat tangan dan kontak fisik langsung,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dia mengatakan, meski tak berjabat tangan, dia meyakini itu tak akan mengurangi rasa hormat dan niat bersilaturahmi antarsesama warga. Dia menyebut berkontak fisik langsung dengan yang terjangkit sangat berpotensi tertular virus COVID-19.

“Tapi tidak mengurangi rasa hormat satu sama lain. Tujuannya adalah mari kita biasakan di hari-hari ini untuk membatasi kontak langsung. Karena kontak langsung ini punya potensi penularan yang cukup besar,” ujarnya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu berharap penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China, tersebut tak mewabah di Indonesia, khususnya Ibu Kota. Dengan para ASN tak bersentuhan langsung—yang juga bisa diikuti oleh semua warga—dia berharap angka pasien positif korona di Tanah Air bisa ditekan.

“Nah harapannya nanti ini bisa dilakukan semua,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil