Arahan KSAL Yudo ke Calon Atase Pertahanan : Jagalah Stabilitas Laut Natuna dengan Diplomasi

Faieq Hidayat ยท Selasa, 27 Juli 2021 - 15:17:00 WIB
Arahan KSAL Yudo ke Calon Atase Pertahanan : Jagalah Stabilitas Laut Natuna dengan Diplomasi
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono menekankan untuk menjaga stabilitas Laut Natuna dengan diplomasi.. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan pengarahan kepada para calon Atase Pertahanan dan Atase Laut Indonesia periode 2021-2024 di pendopo Neptunus Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/7/2021). Dalam arahannya, Yudo menekankan untuk menjaga stabilitas Laut Natuna dengan diplomasi.

“Jagalah stabilitas Laut Natuna dengan kerja sama dengan negara manapun, karena kita sebagai negara Nonblok. Jaga juga hubungan baik agar perairan laut Indonesia tetap kondusif sehingga para pelaku pelayaran dapat melaksanakan tugasnya dengan baik” ujar Yudo dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Sebanyak 16 calon Atase Pertahanan dan Atase Laut akan segera diangkat yakni 2 Perwira Tinggi (Pati) sebagai Athan Negara Australia dan India, 7 Kolonel untuk Athan negara Italia, Vietnam, Belanda, Iran, Philipina, Myanmar dan Afrika Selatan. 

Sementara 7 Atase Laut ditugaskan di Thailand, RRT, Amerika Serikat, Malaysia, Rusia, Saudi Arabia dan Singapura.

Dia menjelaskan bahwa posisi strategis Indonesia di antara dua Samudera yaitu Samudera India dan Samudera Pasifik dan luasnya perairan Yurisdiksi Nasional dapat menjadi media diplomasi negara dan media kerja sama. 

“Kita punya laut yang luas sehingga jika ada sengketa selesaikan dengan diplomasi dan kerja sama dengan damai. Jika ada tawaran kerja sama diplomasi yang ada hubungannya dengan Angkatan Laut pasti kita terima,” katanya.

Dia juga meminta kepada calon Athan dan Atase Laut untuk memahami tentang hubungan diplomasi luar negeri. Di antaranya kebijakan, sikap dan langkah pemerintah dalam melakukan diplomasi, memelihara dan meningkatkan hubungan kerja sama di bidang militer dan pertahanan negara, menjaga nama baik negara Indonesia, TNI dan TNI AL.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2