Bahas Politik, 18 Perwakilan Uni Eropa Datangi Kantor DPP PKS

Davie Pratama ยท Selasa, 26 Juni 2018 - 17:47 WIB
Bahas Politik, 18 Perwakilan Uni Eropa Datangi Kantor DPP PKS

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman. (Foto: SINDONews)

JAKARTA, iNews.id – Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) hari ini menerima kunjungan perwakilan Uni Eropa di markas mereka yang beralamat di Jalan TB Simatupang Nomor 82 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pertemuan dengan delegasi internasional tersebut antara lain membahas tentang isu Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di Indonesia.

Mengenai pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman meminta para delegasi Uni Eropa tidak perlu khawatir dengan situasi politik di Tanah Air. Pasalnya, kata dia, Indonesia sudah berpengalaman menggelar hajatan pilkada secara serentak.

“Mereka (perwakilan Uni Eropa) secara umum ingin mengetahui situasi jelang pilkada serentak dan pilpres mendatang. Saya jelaskan kepada mereka bahwa pilkada serentak besok bukan yang pertama kali. Saya katakan, ketika pilkada serentak pertama (pada 2015), banyak yang khawatir ada kekacauan. Tapi ternyata itu bisa kita lewati,” ujar Sohibul di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Sementara, terkait pilpres, Sohibul mengatakan para delegasi Uni Erop hanya ingin mengetahui gambaran peta politik dalam negeri menjelang dihelatnya pesta demokrasi tersebut, tahun depan. “Pilpres dan pileg, mereka menanyakan soal konstelasi ke depan seperti apa,” tutur mantan rektor Universitas Paramadina itu.
 
Berdasarkan pantauan, ada 18 perwakilan negara Uni Eropa yang menemui Sohibul di Kantor DPP PKS, hari ini. Selain membicarakan soal Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019, para delegasi asing itu juga membicarakan masalah investasi dan krisis Palestina dengan Sohibul. Pertemuan berlangsung secara tertutup selama dua jam.


Editor : Ahmad Islamy Jamil