Bangun Trans Papua, Purnawirawan TNI Saran Libatkan Korps Zeni TNI AD

Aditya Pratama ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 19:13 WIB
Bangun Trans Papua, Purnawirawan TNI Saran Libatkan Korps Zeni TNI AD

etua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri menyarankan agar pemerintah melibatkan Korps Zeni TNI AD dalam membangun infrastruktur di Papua. Hal itu untuk meminimalisir serangan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Kami mendorong pemerintah mendayagunakan Satuan Zeni TNI dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang rawan gangguan kelompok bersenjata di Papua,” kata Kiki dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Dia menuturkan, Korps Zeni selama ini memiliki kemampuan menyangkut mekanis teknologi, termasuk membangun infrastruktur, seperti jalan. Namun, di sisi lain, juga memiliki kemampuan dalam bantuan tempur, konstruksi, dan bangunan perang.

“Korps Zeni pasti menggunakan seragam. Karena korban penembakan di Nduga merupakan warga sipil, kelompok bersenjata sudah tahu mereka adalah warga sipil,” ujar dia.

BACA JUGA: Pembunuhan di Papua, Purnawirawan TNI AD: Itu Bukan KKB tapi GSB-OPM

Kiki sepakat dengan pemerintah yang terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di Papua. Menurut dia, salah satu penyebab kehadiran KKB karena masalah keadilan sosial yang belum baik. Untuk itu, TNI Polri harus terus mengawal pembangunan dari gangguan kelompok bersenjata.

"Sudah benar pembangunan di Papua tidak berhenti, dan TNI Polri harus terus mengawal,” tutur dia


Editor : Khoiril Tri Hatnanto