Bantu Komite Penanganan Covid-19, Polisi Akan Terjun ke 83.000 Kelurahan Desa

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:06 WIB
Bantu Komite Penanganan Covid-19, Polisi Akan Terjun ke 83.000 Kelurahan Desa

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Wakapolri Gatot Eddy Pramono ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pelaksana II Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi untuk membantu melakukan pendampingan terhadap 83.000 kelurahan dan desa. Polri juga diperintahkan untuk menerjunkan ribuan tenaga medis untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

"Kita akan fokus 83.000 kelurahan dan desa yang tadi sudah disampaikan pak Wakapolri tentu Polri siap sampai ke posisi yang terdekat ke rakyat Indonesia," kata Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemukihan Ekonomi, di Mabes Polri, Kamis (13/8/2020).

Selain melakukan pendampingan pada 83.000 kelurahan dan desa di seluruh Indonesia, Erick mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan TNI-Polri untuk membantu meningkatkan imunitas masyarakat.

"Untuk imuniasi massal akan dibawah TNI-Polri berkoordinasi dengan kementrian kesehatan, kementerian pendidkkan dan PMI," kata Erick.

Perintah tersebut karena presiden menilai Polri telah memiliki fasilitas, dan sumberdaya yang sudah siap. Polri tercatat memiliki 53 rumah sakit dengan kapasitas 6.700 tempat tidur.

"Tetapi tenaga medis yang jumlahnya ratusan ribu ini mendukung sukses imunisasi massal," ucapnya.

Gatot Eddy mengaku siap melaksanakan setiap tugas yang diperintahkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus meningkatkan stabilitas ekonomi. Dia menilai Polri telah bergerak melakukan pendampingan desa dan akan lebih mengoptimalkan.

"Kami akan mendukung semua, mudah-mudahan dengan pelibatan polri dalam kegiatan tim pelaksana percepatan pemulihan ekonomi nasional dan tentunya terkat dengan Covid segera bisa diputus penyebarannya dan kita semua kembali kepada hal normal," ujar Gatot.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq