Bawaslu Tegur KPU karena Belum Berikan APK Kampanye Parpol

Aditya Pratama ยท Senin, 26 November 2018 - 23:11:00 WIB
Bawaslu Tegur KPU karena Belum Berikan APK Kampanye Parpol
Bawaslu menegur KPU yang belum memberikan alat peraga kampanye ke paspol peserta pemilu 2019.

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegur Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena sampai saat ini masih banyak partai politik yang belum mendapatkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu, Abhan menyampaikan teguran yang disampaikan pihaknya agar KPU segera menjalankan kewajibannya untuk menyediakan APK untuk seluruh partai politik peserta pemilu.

"Ada beberapa Kabupaten dan Kota yang KPU belum fasilitasi APK, mestinya harus mereka lakukan. Kami minta untuk diinfetarisir, yang pertama harus dilakukan semacam teguran KPU untuk segera untuk merealisasi kewajibannya," katanya di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Walaupun seperti itu, Abhan tidak memberikan sanksi keras kepada KPU. Mengingat, teguran Bawaslu tersebut hanya berupa peringatan. Dia juga menerangkan, KPU seharusnya berkewajiban melengkapi APK pada Jumat (23/11/2018).

"Iya (KPU diberikan waktu) dua bulan memang, tanggal 23 kemarin. Sanksi peringatan saja tapi ini untuk bagaimana mengingatkan kepada KPU untuk kewajiban untuk segera merealisasikan kewajiban memfasilitasi APK bagi peserta pemilu," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad