Begini Jurus Anies Hadapi Musim Penghujan dari Bencana Banjir

Wildan Catra Mulia ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 11:49 WIB
Begini Jurus Anies Hadapi Musim Penghujan dari Bencana Banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswean di IPAL Krukut, Jakarta, Minggu (8/12/2019). (Foto: iNews.id/WIldan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersiap diri menghadapi musim penghujan dan bencana banjir di Jakarta. Persiapan itu terlihat dari aksi bersih-bersih di beberapa wilayah Jakarta.

Aksi bersih-bersih itu merupakan instruksi langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam instruksinya, Anies meminta seluruh wali kota administrasi memastikan kebersihan saluran air terbebas dari sampah.

"Jadi wali kota memimpin inspeksi di semua kawasan untuk memastikan bahwa semua saluran air di kawasan mereka bebas dari sampah," katanya di IPAL Krukut, Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Anies mengatakan, apa yang dilakukan di Jakarta tidak akan begitu berpengaruh jika debit air yang masuk selalu tinggi. Hal itu karena tak ada yang menampung air tersebut sebelum tiba di pintu Air Manggarai.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini juga mengatakan Jakarta sangat berharap pada pembangunan bendungan di kawasan Bogor, Jawa Barat. Anies menyebut, dengan adanya bendungan tersebut dinilai bisa mengurangi debit air yang datang ke Ibu Kota.

"Lalu yang kedua adalah kita berharap nanti bendungan di Bogor bisa segera tuntas karena volume air yang datang ke Jakarta dari kawasan dataran tinggi itu cukup banyak," ujarnya.

"Jadi kita berharap bendungan selesai, sehingga volume air yang ke jakarta bisa turun sampai 30 persen," katanya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun dua bendungan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua bendungan itu adalah Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang diyakini dapat membantu mengendalikan banjir di ibu kota.

Anies mengatakan, limpasan air ke 13 sungai di Jakarta bakal berkurang jika kedua bendungan itu rampung pada akhir 2019.


Editor : Djibril Muhammad