Begini Persiapan Keluarga Sambut Jenazah BJ Habibie di Kediaman

Felldy Utama ยท Rabu, 11 September 2019 - 20:15 WIB
Begini Persiapan Keluarga Sambut Jenazah BJ Habibie di Kediaman

Kediaman almarhum Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB. Rencananya, Habibie akan disemayamkan di rumah duka Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan iNews.id di lokasi rumah duka pada, keluarga sudah bersiap menyambut kehadiran jenazah Habibie. Namun, hingga saat ini pintu gerbang rumah duka masih dalam tertutup.

Sedangkan, di halaman depan rumah terlihat tenda-tenda sudah mulai dipasang. Bahkan, jalan raya sekitar rumah Habibie sudah mulai ditutup.

Di sampung itu, bus yang membawa rombongan pasukan pengamanan presiden (Pasmpares) telah tiba di lokasi. Sejumlah tim penembak Salfo juga sudah masuk ke dalam kediaman politikus senior Partai Golkar tersebut.

Hingga kini, sejumlah awak media masih bersiap-siap menunggu rombongan yang membawa jenazah Habibie tiba di rumah duka untuk segera disemayamkan.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pemerintah telah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari. Selama hari itu, rakyat Indonesia diminta mengibarkan bendera setengah tiang.

"Dimohon untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama 3 (tiga) hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019," katanya.

Pemerintah juga menyiapkan keperluan pemakaman Habibie. Rencananya Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Kami koordinasi ke Garnisum, slot makan di samping almh ainun habibie. Di slot 120 121," ujar Pratikno.

Pratikno menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin langsung pemakaman Habibie. Mengenai waktu pemakaman, pemerintah masih berkoordinasi dengan keluarga Habibie.

"Kami koordinasi dengan keluarga. Jam berapa belum diputuskan. Ini suasana sangat berduka. Diharapkan malam ini diputuskan malam ini dimakamkan jam berapa," tuturnya.


Editor : Djibril Muhammad