Berhentikan Imam Nahrawi, Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Plt Menpora

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 20 September 2019 - 14:48 WIB
Berhentikan Imam Nahrawi, Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Plt Menpora

Mensesneg Pratikno. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah memberhentikan Imam Nahrawi dari jabatan menteri pemuda dan olahraga (menpora). Sebagai gantinya, Jokowi mengangkat Menteri Ketenagakerajaan dan Transmigrasi (Menakertrans), Hanif Dhakiri, sebagai pelaksana tugas (plt) menpora.

“Terkait dengan posisi menpora, presiden kemarin telah menerima surat pengunduran diri dari Imam Nahrawi. Tadi presiden telah menandatangani keppres (keputusan presiden) pemberhentian Saudara Imam dan memutuskan untuk mengangkat Saudara Hanif Dhakiri sebagai pelaksana tugas menteri pemuda dan olahraga,” ujar Mensesneg Pratikno di Istana Bogor, Jumat (20/9/2019).

Menakertrans Hanif Dhakiri. (Foto: Okezone)

Dengan begitu, kata Pratikno, Hanif merangkap sebagai menakertrans sekaligus pelaksana tugas menpora. Seperti Nahrawi, Hanif sama-sama poltikus PKB.

BACA JUGA: KPK Bakal Panggil Imam Nahrawi dalam Waktu Dekat

Nahrawi bersama asisten pribadinya, Miftahul Ulum, ditetapkan sebagai tersangka secara bersama-sama oleh KPK. Nahrawi juga diduga menerima uang suap Rp26,5 miliar. Uang itu merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018.

Atas perbuatannya, Nahrawi disangkakan dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tlndak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Pascapenetapan status tersangka itu, Nahrawi memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan menpora, Kamis (19/9/2019) kemarin.


Editor : Ahmad Islamy Jamil