BMKG: Kecil Kemungkinan Asap Kebakaran Hutan Australia Menyebar ke Indonesia

Felldy Utama, iNews ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 18:15 WIB
BMKG: Kecil Kemungkinan Asap Kebakaran Hutan  Australia Menyebar ke Indonesia

Kebakaran hutan di Australia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan kecil kemungkinan asap kebakaran hutan di Australia menyebar hingga ke Indonesia. Hal itu disampaikan BMKG menanggapi pernyataan lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA yang menyebut asap kebakaran hutan Australia berpotensi menyebar ke seluruh permukaan bumi.

BMKG mencatat bahwa penyebaran asap kebakaran Australia dominan di belahan bumi selatan. Hal itu dipengaruhi "polar jet stream" yang merupakan aliran angin kencang di sekitar 60 derajat lintang selatan dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

"Angin itu bergerak konsisten ke arah timur membawa asap kebakaran Australia menyeberangi Samudera Pasifik ke Amerika Latin. Sehingga yang terkena justru Chili, Argentina, dan Uruguay. Kecil kemungkinan asap kebakaran hutan Australia menyebar ke Indonesia," ucap Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal melalui keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020).

BACA JUGA: Australia Jadi Salah Satu Wilayah Terpanas dan Terkering di 2019

BACA JUGA: Tiupan Angin Panas Jadikan Kebakaran Hutan di Australia seperti Monster

Herizal mengatakan hingga akhir Januari 2020 polar jet stream masih cukup kuat berembus dan membawa asap ke arah timur. Sementara itu dinamika atmosfer di atas Indonesia didominasi angin dari barat yaitu dari angin monsun Asia.

Selain itu BMKG juga membantah kebakaran asap di Australia bisa mempengaruhi perubahan iklim dunia secara cepat. Meski kejadian di Australia itu termasuk kebakaran hutan paling parah yang pernah terjadi.

"Namun kenaikan suhu udara global meningkatkan risiko kebakaran hutan. Jika dibiarkan terus maka risiko kebakaran hutan bisa semakin sering terjadi," ucapnya.


Editor : Rizal Bomantama