BMKG: Siklon Tropis Bailu Picu Potensi Hujan Lebat di Sumatera hingga Papua

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 23 Agustus 2019 - 04:00 WIB
BMKG: Siklon Tropis Bailu Picu Potensi Hujan Lebat di Sumatera hingga Papua

BMKG memperkirakan adanya potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia sejak Kamis hingga Sabtu (22-23/8/2019). (Foto: ilustrasi/okezone.dok).

JAKARTA, iNews.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia dalam tiga hari yakni Kamis hingga Sabtu (22– 24/8/2019). Masyarakat diimbau tetap waspada.

BMKG menyatakan, potensi hujan lebat terjadi disebabkan oleh Siklon Tropis Bailu 994 mb di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 40 kt bergerak ke arah Barat Laut. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Kamis (22/8/2019) yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan pada Jumat (23/8/2019) hari ini yaitu, wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua masih berpotensi hujan lebat. Sementara untuk lusa (24/8/2019) wilayah tersebut dan Jambi masih berpotensi hujan lebat.

”Wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini yaitu Jawa Barat dan Kalimantan Barat,” bunyi siaran pers BMKG, Jumat (23/8/2019).

Adapun untuk Sabtu, wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir hanya Kalimantan Barat.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Editor : Zen Teguh