BMKG: Siklus Cuaca Ekstrem Semakin Pendek, Intensitas Meningkat

Rizki Maulana ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 14:41 WIB
BMKG: Siklus Cuaca Ekstrem Semakin Pendek, Intensitas Meningkat

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: iNews.id).

JAKARTA, iNews.idBanjir kembali merendam sejumlah wilayah DKI Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Di beberapa titik, banjir hingga Selasa (25/2/2020) siang ini belum juga surut.

Tak hanya di Jabodetabek, banjir juga menerjang berbagai wilayah Indonesia, antara lain Pekalongan, Batang (Jawa Tengah) dan Subang dan Bogor (Jawa Barat). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat masih akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memaparkan, banjir yang terjadi di Jakarta hari ini atau pada 1 Januari 2020 lalu berkorelasi dengan fenomena cuaca ekstrem yang terjadi sejak 1900-an. Intensitas cuaca ekstrem beberapa tahun belakangan ini makin meningkat.

”Akumulasi tertinggi curah hujan tercatat pada 1918 yaitu 125,2 mm dalam satu hari. Kondisi ekstrem itu terjadi lagi pada 1950-an. Dari cuaca ekstrem pertama menuju kedua itu ada selisih 32 tahun,” kata Dwikorita dalam konferensi pers di kantor BMKG, Jakarta, Selasa (24/2/2020).

Dia menjelaskan, data BMKG menunjukkan cuaca ekstrem itu kemudian berulang, tetapi dalam selisih waktu lebih pendek. Dari 1950, terjadi lagi pada 1972. Setelah itu fenomena yang sama berulang pada 1996.

Dia melanjutkan, jarak terjadinya cuaca ekstrem kemudian menjadi lebih singkat lagi yaitu ke 2002, lalu ke 2007. Bahkan setelah itu hanya berselang satu tahun yakni pada 2008 hujan lebat kembali terjadi.

Menurut mantan Rektor UGM ini, intensitas curah hujan juga semakin tinggi. Bila pada 1918 terdata 125 mm, kini pada 2020 mencapai 377 mm dalam satu hari.

”Kesimpulannya apa? Kondisi ekstrem ini semakin sering dalam 30 tahun terakhir dan memendek dalam 10 tahun terakhir. Intensitasnya juga semakin melonjak,” ucapnya.

Dwikorita menjelaskan, cuaca ekstrem tidak semata-mata terjadi karena faktor alam, namun juga hal lain. Salah satunya kenaikan temperatur di Indonesia.

Banjir kembali melanda Jakarta dan sejumlah daerah di sekitarnya Selasa ini. Sejumlah daerah tergenang di Ibu Kota antara lain Kemang, Cawabg, Jelambar, dan Kampung Melayu.

Editor : Zen Teguh