BNN Ajukan Anggaran Tambahan untuk Breeding Anjing K-9

Felldy Utama ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 13:07 WIB
BNN Ajukan Anggaran Tambahan untuk Breeding Anjing K-9

Ilustrasi Anjing (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Heru Winarko mengajukan penambahan anggaran untuk tahun 2021 di dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR, Kamis (25/6/2020) siang ini. Adapun tambahan anggaran yang diusulkan sebesar Rp234,054,960,000.

Heru mengatakan, penambahan anggaran ini salah satunya diperlukan untuk mendukung pelaksanaan perkembangbiakan (Breeding) anjing K-9. Belakangan, kata dia, BNN berhasil menjalankan program tersebut.

"Perlu kami laporkan kepada pimpinan bahwa sekarang K-9 kita sudah bisa breeding dan sekarang sudah kita bisa menghasilkan anjing 20 ekor dan sudah usia lima sampai delapan bulan dan kami sudah latih pak," kata Heru dalam paparannya, Kamis (25/6/2020).

Menurut dia dengan melakukan program breeding secara mandiri, maka kebutuhan Indonesia akan anjing impor untuk keperluan K-9 juga dapat berkurang. Dia pun beraharap nantinya perkembangbiakan tidak hanya dapat menghasilkan anjing latih untuk melacak narkotika, melainkan anjing yang dapat dilatih untuk membantu tugas dan fungsi lainnya.

"Karena kalau import anjing, anjing-anjing ini tidak tahan lama pak karena tiga jam sudah keluar darah. Mudah-mudahan yang kita breeding sekarang kita harapkan BNN sekarang bukan hanya untuk anjing narkotika, bisa untuk anjing dari bea cukai dan kepolisian yang kita kembangkan di Lido," ujar Heru.

Selain untuk pelaksanaan breeding K-9, Heru menuturkan penambahan anggaran juga dimaksudkan untuk pelaksanaan International Drugs Enforcement Conference (IDEC) di mana Indoensia menjadi tuan rumah.

Kemudian usulan penambahan anggaran juga terkait asistensi revisi Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang masuk dalam Prolegnas 2020. Lainnya, yakni untuk mendukung pembangunan sarana dan prasarana serta pemenuhan pendukung.

"Pembangunan sarana dan prasarana perkantoran untuk BNNP. Pemenuhan layanan rehabilitasi dan pemenuhan peralatan pendukung tugas fungsi BNN," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq