BNPB Sebut Timur Sumatera dan Kalimantan Relatif Aman Aktivitas Kegempaan

Binti Mufarida ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 16:35:00 WIB
BNPB Sebut Timur Sumatera dan Kalimantan Relatif Aman Aktivitas Kegempaan
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan aktivitas kegempaan. (Foto tangkapan layar).

JAKARTA, iNews.id - Timur Sumatera dan Kalimantan menjadi wilayah yang relatif aman dari aktivitas kegempaan. Wilayah Pantura Pulau Jawa ada aktivitas kegempaan.

“Aktivitas kegempaan di negara kita sepanjang seluruh wilayah Indonesia, cuma di bagian timur Sumatera, Kalimantan yang relatif tidak terlalu ada aktivitas kegempaan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari saat konferensi pers secara virtual, Senin (8/8/2022).

Pria disapa Aam ini mengatakan bahwa potensi kegempaan di wilayah Indonesia harus menjadi atensi masyarakat sehingga potensi bahaya akan dibarengi dengan mitigasinya. Dari rangkaian kegempaan di wilayah Indonesia ada beberapa yang membangkitkan tsunami. 

“Jadi terhitung mulai dari tahun 1970 paling tidak setiap tiga tahun kalau kita rata-ratakan, dua atau tiga tahun kita pasti mengalami setidaknya satu kali tsunami,” paparnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda