BPN Diminta Beberkan Bukti Klaim Real Count Kemenangan Prabowo-Sandi

Antara ยท Jumat, 19 April 2019 - 13:59 WIB
BPN Diminta Beberkan Bukti Klaim Real Count Kemenangan Prabowo-Sandi

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. (Foto: iNews.id/ Ilma De Sabrini).

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Capres Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno diminta membuktikan klaim kemenangan 62 persen berdasarkan hitungan real count internal. Prabowo mendeklarasikan sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024 berdasarkan penghitungan real count internal BPN.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, jika klaim Prabowo merujuk pada hasil real count internal, berarti Prabowo-Sandi baru menang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau daerah yang menjadi objek penghitungan mereka.

Namun, dia menilai tidak logis jika Prabowo mengklaim menang hanya berdasarkan hasil real count sebagian. "Mereka harus menjelaskan metodologinya, beberkan bukti dan faktanya. Jika itu real count, dari berapa persen daerah yang sudah dilakukan penghitungan itu harus dibuktikan," ujar Emrus di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Sementara terkait komentar Prabowo yang menyebut banyak kecurangan dalam Pilpres 2019, dia menyarankan Capres nomor urut 02 itu beserta timnya untuk menempuh jalur hukum. Mereka harus membawa bukti, data dan fakta mendukung.

"Kalau mengatakan ada dugaan kecurangan itu harusnya mereka punya bukti. Sampaikan saja ke Bawaslu. Nanti Bawaslu akan berkoordinasi dengan penegak hukum jika memang ditemukan ada tindak pidana," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi