BPN: Prabowo Bisa Bertemu Kapan pun, Jokowi Tinggal Telepon Langsung

Wildan Catra Mulia · Sabtu, 25 Mei 2019 - 14:30 WIB
BPN: Prabowo Bisa Bertemu Kapan pun, Jokowi Tinggal Telepon Langsung

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade saat menghadiri diskusi Polemik MNCTrijaya ‎di Jakarta, Sabtu (25/5/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id, - Juru Bicara Badan ‎Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengkritik isu rekonsiliasi nasional yang terus digaungkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Menurutnya rekonsiliasi bisa mudah terlaksana asal tidak ada langkah konkret dari kubu Jokowi.

Andre menuturkan, jika kubu 01 ingin benar-benar rekonsiliasi, cara paling mudah yakni den‎gan menghubungi langsung Prabowo tanpa basa-basi politik di media. Sebab, Jokowi maupun Prabowo berhubungan baik sejak lama.

"Pihak TKN selalu bicara kapan rekonsiliasi, kapan Pak Prabowo bisa ketemu Pak Jokowi. Saya bisa pastikan, pertemuan itu bisa terjadi tanpa ada basa-basi politik," kata Andre saat menghadiri diskusi Polemik MNCTrijaya ‎di Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

BACA JUGA: Prabowo Bertemu JK, Begini Tanggapan Jokowi

Andre menjelaskan, hubungan baik Prabowo dan Jokowi tak perlu diragukan lagi. Prabowo, kata dia, merupakan orang yang membawa Jokowi ke Jakarta hingga sukses menjadi gubernur. Prabowo lah yang meyakinkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar bersedia mencalonkan Jokowi.

Karena itu, Andre kembali menegaskan, jika pihak Jokowi menginginkan rekonsiliasi dengan Prabowo, dia meminta agar komunikasi terjadi langsung. Politikus Partai Gerindra ini meyakini Prabowo akan meluangkan waktu untuk bertemu dengan Jokowi.

"Insyaallah Pak Prabowo punya sikap patriotik. Demi kepentingan bangsa dan negara, Pak Prabowo bisa ketemu dengan Pak Jokowi, anytime. Jadi tinggal tunggu langkah konkret Pak Jokowi. Tanpa perlu ada pihak ketiga, tanpa perantara, telepon langsung," ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengaku telah mengutus seseorang untuk menemui Prabowo pascapemungutan suara Pilpres 2019, 17 April lalu. Utusan tersebut ternyata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Namun, pertemuan itu belum terjadi hingga saat ini.

Setelah KPU menetapkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional, wacara rekonsiliasi kembali mengemuka. Terlebih setelah dinamika politik makin memanas hingga terjadinya kerusuhan 22 Mei 2019. Di Istana Kepresidenan Jokowi mengaku menunggu waktu tepat untuk bertemu dengan Prabowo. Sementara Wapres Jusuf Kalla mengingatkan bahwa semestinya pihak kalah yang menghubungi pemenang.


Editor : Zen Teguh