Bupati Mesuji Kena OTT KPK Diduga Terkait Proyek Infrastruktur PUPR

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 24 Januari 2019 - 01:48 WIB
Bupati Mesuji Kena OTT KPK Diduga Terkait Proyek Infrastruktur PUPR

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan dari delapan orang yang kena OTT, salah satunya adalah bupati Mesuji. (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan total delapan orang usai operasi tangkap tangan di tiga lokasi di Lampung. OTT tersebut diduga terkait proyek infrastruktur yang di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mesuji, Lampung.

"Total diamankan 8 orang, dari ada kepala daerah, ada unsur swasta juga dan unsur PNS. Bupati. Tadi yang diamankan adalah bupati salah satunya," kata juru bicara KPK Febri Diansya kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

BACA JUGA:

OTT di Lampung, KPK: Uang Pecahan Rp100.000 di Kardus, Estimasi Rp1 M

Kepala Daerah Kena OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR di Mesuji

OTT Tiga Lokasi di Lampung, KPK Amankan Kepala Daerah

Dia menjelaskan, tiga lokasi tersebut adalah Bandar Lampung, Lampung Tengah dan Mesuji. Diduga transaksi yang dilakukan delapan orang tersebut di salah satu lokasi di Lampung. Salah satu yang diamankan yakni Bupati Mesuji yang merupakan kader Partai NasDem.

Usai diamankan, Febri mengatakan, tim KPK akan memintakan keterangan delapan orang tersebut. Setelah itu akan dibawa ke Jakarta, menuju KPK secara bertahap pada Kamis pagi ini.

"Pemeriksaan awal di Polda lampung. Beberapa di Polda lampung. Yang lain di Polres masing-masing kota itu ya," ujar mantan aktivis Indonesia Corruption Watch ini.

Febri mengungkapkan, dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Mesuji, Lampung. Proyek tersebut menggunakan anggaran Kabupaten Mesuji.

"Anggaran itu digunakan untuk proyek apa saja. Kami menduga ada beberapa proyek karena komitmen fee-nya terbilang tinggi. Cukup besar kali ini," katanya menegaskan.


Editor : Djibril Muhammad