Bupati Neneng Sebut Tjahjo Minta Izin Meikarta Dibantu, Ini Reaksi KPK

Ilma De Sabrini ยท Senin, 14 Januari 2019 - 21:02 WIB
Bupati Neneng Sebut Tjahjo Minta Izin Meikarta Dibantu, Ini Reaksi KPK

Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin membuat pernyataan mengejutkan dalam sidang perkara dugaan suap dengan terdakwa Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro. Neneng mengaku Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pernah meminta tolong kepadanya agar membantu proses perizinan pembangunan Meikarta.

Pengakuan itu segera direspons Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antirasuah itu menegaskan bakal mencermati seluruh fakta persidangan perkara suap Meikarta. Pengakuan Neneng juga menjadi bagian yang menjadi perhatian KPK.

"Kalau tadi Bupati Bekasi mengatakan di persidangan ada pertemuan dan ada arahan seperti itu, tentu kami mencermati lebih dahulu fakta-fakta di persidangan tersebut dan juga melihat fakta yang terkait lain dalam penyidikan yang saat ini sedang berjalan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (14/1/2019).

BACA JUGA: Bupati Neneng: Tjahjo Kumolo Minta Tolong Saya Bantu Perizinan Meikarta

Ditanya apakah keterangan itu akan langsung ditindaklanjuti dengan memanggil Mendagri? Febri belum dapat memastikan. KPK, kata dia, akan menganalisis materi-materi dari fakta persidangan yang muncul.

Selain itu, KPK juga masih perlu mencermati keterangan dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono yang beberapa waktu lalu sempat diperiksa.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini).

"Ketika ada keterangan saksi dari salah satu tersangka yang sedang diproses KPK, tentu kami pelajari terlebih dahulu. Mempelajari dalam arti apakah untuk proses penyidikan perlu permintaan keterangan yang lebih lanjut atau cukup setelah kita memeriksa dirjen otda itu kan perlu reviu perlu analisis karena baru di persidangan hari ini disampaikan keterangan itu," kata Febri.

Neneng hadir di Pengadilan Tipikor Bandung sebagai saksi untuk terdakwa Billy Sindoro. Dalam kesaksiannya, Neneng menyebut Tjahjo sempat meminta tolong kepadanya agar membantu proses perizinan proyek pembangunan Meikarta.

BACA JUGA: KPK Ungkap Anggota DPRD Bekasi Pelesir ke Thailand Dibiayai Meikarta

Atas permintaan itu, dia langsung mengiyakan. Namun, Neneng mengingatkan bahwa permitaan tersebut dapat dikabulkan asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tjahjo telah mengklarifikasi keterangan Neneng. Menurut dia, Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda) memang pernah memfasilitasi pertemuan Pemprov Jawa Barat dengan Bupati Bekasi untuk membahas kejelasan perizinan Meikarta.

“Saya monitor pertemuan Pemda Jabar dan Bupati Bekasi yang difasilitasi Dirjen Otda dalam pertemuan terbuka di Kemendagri, pertemuan tersebut diinfokan ke saya,” kata Tjahjo saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

 


Editor : Zen Teguh