Buru Pelaku hingga Bali, Polres Jakarta Barat Sita 75 Kg Ganja dalam Dodol

Yan Yusuf, Antara ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 11:18:00 WIB
Buru Pelaku hingga Bali, Polres Jakarta Barat Sita 75 Kg Ganja dalam Dodol
Polres Jakarta Barat menangkap pengedar ganja yang diselipkan dalam makanan tradisional dodol. (Foto: SINDOnews/Yan Yusuf)

JAKARTA, iNews.id - Polres Metro Jakarta Barat menyita 75 kilogram ganja yang diselipkan dalam jajanan tradisional dodol. Tujuh pelaku berhasil diamankan di lokasi berbeda.

Kasatres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar mengatakan kasus ini merupakan pengembangan dari penemuan 45 kilogram ganja di Bali pada 21 Juli 2020. Saat itu tim yang dipimpin Kanit III Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Fiernando Andriansyah mengamankan tersangka berinisial AH.

"Setelah dilakukan pengembangan, kami menyita lagi paket-paket ganja yang disembunyikan dalam dodol di empat lokasi lain," kata Ronaldo di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Dia menyebutkan sebanyak delapan kilogram ganja kemudian diamankan di Kembangan, Jakarta Barat dan delapan kilogram lainnya di Bekasi, Jawa Barat. Selanjutnya tujuh kilogram ganja masing-masing diamankan di Subang, Jawa Barat dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Ronaldo menduga paket-paket ganja ini merupakan jaringan Sumatera. Pengembangan dilakukan dengan cara mengikuti jalur distribusi ke lima wilayah tersebut.

Sementara itu AKP Fiernando Andriansyah mengatakan polisi masih terus mengembangkan kasus ini. Dia menegaskan bandar dari jaringan ini masih diburu.

"Kami masih terus kembangkan untuk menangkap bandarnya," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama