Cegah Tragedi GBLA Terulang, Perindo Minta Panpel Siapkan Langkah Preventif saat Big Match

Nur Khabibi · Senin, 20 Juni 2022 - 15:49:00 WIB
Cegah Tragedi GBLA Terulang, Perindo Minta Panpel Siapkan Langkah Preventif saat Big Match
Perindo meminta panpel Piala Presiden menyiapkan langkah preventif untuk mencegah tragedi di Stadion GBLA Bandung terulang. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

JAKARTA, iNews.id - Kabar duka kembali menyelimuti sepak bola Tanah Air. Hal itu terjadi di tengah euforia bisa kembali melihat tim favorit berlaga di stadion secara langsung.

Baru-baru ini, dua suporter Persib Bandung atau yang lebih dikenal dengan Bobotoh tewas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Jumat (17/6/2022). Keduanya tewas ketika hendak menyaksikan laga big match antara Persib Bandung vs Persebaya Surabaya di ajang Piala Presiden.

Diduga, padatnya suporter yang ingin menyaksikan secara langsung di stadion menjadi penyebab tewasnya dua orang tersebut. Saking padatnya, mereka terinjak-injak oleh sesama suporter yang mempunyai niat yang sama untuk menyaksikan laga penuh gengsi itu.

Merespons hal tersebut, Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) DKI Jakarta, Effendi Syahputra meminta evaluasi total terhadap turnamen pramusim tersebut. Terlebih ditujukan untuk panitia pelaksana (Panpel).

"Menjadi pembelajaran bagaimana setiap panpel di stadion itu mengantisipasi permasalahan-permasalahan ketika suporter masuk ke stadion," kata Effendi, Senin (20/6/2022).

Effendi melanjutkan panpel juga harus lebih memperhatikan kondisi suporter sepak bola Indonesia ketika tersaji laga big match. Apalagi, suporter sepak bola dari Nusantara dikenal dengan kefanatikannya.

"Panitia lebih mawas mengawasi perilaku suporter (tim) yang akan bertanding, karena ke depan bukan tidak mungkin derby-derby panas akan kembali terjadi," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda