Covid-19 Terkendali, Komisi IX DPR Dorong Orang Tua Lengkapi Imunisasi Anak

Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 16:33:00 WIB
Covid-19 Terkendali, Komisi IX DPR Dorong Orang Tua Lengkapi Imunisasi Anak
Komisi IX DPR mengajak masyarakat, khususnya orang tua untuk melengkapi imunisasi anak dengan memanfaatkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. (Foto: Ilustrasi/Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi IX DPR mengajak masyarakat, khususnya orang tua untuk melengkapi imunisasi anak dengan memanfaatkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Apalagi penularan Covid-19 di Indonesia saat ini terkendali.

Anggota Komisi IX DPR, Arzeti Bilbina mengatakan masyarakat dapat melengkapi imunisasi anak di fasilitas kesehatan terdekat lewat program yang diinisiasi oleh pemerintah tersebut.

“DPR mengajak para orang tua untuk membawa anaknya yang belum memperoleh imunisasi lengkap ke Posyandu, Puskesmas, maupun fasilitas kesehatan lainnya selama Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) berlangsung,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Bulan Imunisasi Anak Nasional dicanangkan oleh Kementeran Kesehatan (Kemenkes) berupa kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. Arzeti mendorong masyarakat memanfaatkan BIAN yang masih berlangsung sampai Agustus 2022.

“Lewat program BIAN tersebut, orang tua dapat melengkapi atau mengejar ketertinggalan imunisasi anak-anak, terutama yang terjadi selama pandemi Covid-19,” ucapnya.

Untuk diketahui, pemerintah menggelar BIAN untuk mengejar cakupan imunisasi yang rendah. Sebab selama pandemi Covid-19, cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi turun drastis.

Berdasarkan data Kemkes, sekitar lebih dari 1,7 juta bayi belum mendapatkan imunisasi dasar selama periode 2019-2021. Di awal pandemi Covid-19, cakupan imunisasi dasar lengkap menurun secara signifikan, yakni dari 84,2 persen pada tahun 2020 menjadi 79,6 persen pada tahun 2021.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda