Dahnil Anzar Diperiksa Hari Ini Terkait Kasus Dana Kemah

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 25 April 2019 - 10:28 WIB
Dahnil Anzar Diperiksa Hari Ini Terkait Kasus Dana Kemah

Mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya kembali memanggil mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak untuk diperiksa dalam kasus penyelewengan Dana Kemah Pemuda Islam Indonesia 2017. Dahnil akan dimintai keterangan sebagai saksi.

"Hari ini kita agendakan pemeriksaan untuk Dahnil Anzar pukul 10.00 WIB," kata Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendrawan saat dikonfirmasi, Kamis (25/4/2019).

BACA JUGA:

Diperiksa 5 Jam, Dahnil Klarifikasi Scan Tanda Tangan LPJ Dana Kemah

Kuasa Hukum: Dahnil Penuhi Panggilan Pemeriksaan Polda Metro Jaya

Polisi Yakin Ada Kerugian Negara dalam Kasus Dana Kemah Pemuda

Dia menambahkan, surat pemanggilan terhadap Dahnil telah dilayangkan pada Kamis, 18 April 2019. Dia berharap Dahnil dapat memenuhi panggilan tersebut. "Ya semoga datang memenuhi panggilan," ujar Bhakti.

Pemanggilan hari ini merupakan kali ketiga untuk Dahnil. Sebelumnya, dia telah diperiksa pada Jumat, 23 November 2018 dan Kamis, 7 Februari 2019.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menilai ada kerugian yang dialami negara dalam kasus dugaan penyimpangan Dana Kemah dan Apel Pemuda Islam 2017. Kemenpora bersama dengan Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Ansor menggelar acara tersebut di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta. Adapun total dana yang diaudit BPK terkait acara itu mencapai Rp5 miliar yang berasal dari kas Kemenpora.

"Pasti ada respons dari BPK. Kerugian ada, tapi besarannya masih dihitung," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.

Ditkrimsus Polda Metro Jaya menyebut kasus dugaan korupsi dana Kemah dan Apel Pemuda Islam 2017 dilaporkan sejumlah pihak yang mengetahui secara langsung penggunaan anggaran kegiatan tersebut. Kini, status kasus itu telah dinaikkan ke tahap penyidikan.

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya telah memanggil dan memeriksa sejumlah pihak, di antaranya staf Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Abdul Latif, Ketua Panitia dari Gerakan Pemuda (GP) Anshor Safarudin dan Ketua Panitia dari Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani.


Editor : Djibril Muhammad