Deretan Perang Terlama dan Peralatan Pertahanan Termahal di Dunia, Selengkapnya di New Top Files Malam Ini

Rizal Bomantama ยท Senin, 20 September 2021 - 16:47:00 WIB
Deretan Perang Terlama dan Peralatan Pertahanan Termahal di Dunia, Selengkapnya di New Top Files Malam Ini
New Top Files hari ini, Senin (20/9/2021) membahas perang terlama dan termahal yang pernah terjadi di dunia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan hidup manusia dari abad ke abad sering ditandai dengan perang. Menurut Carl Von Clausewitz, seorang jenderal terkenal asal Rusia menyebutkan perang merupakan bentuk lain dari sebuah diplomasi.

Dalam sejarah, dapat diketahui ada perang yang terjadi dalam kurung waktu yang sangat lama yaitu selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad.

Misalnya, perang Inggris-Prancis yang terjadi sejak 1066-1815. Dapat dikatakan, perang tersebut tengah berlangsung selama 748 tahun. 

Perang yang disebabkan karena  perseteruan sengit atas tahta Inggris, melibatkan beberapa tokoh penting seperti Napoleon Bonaparte dan William (Duke of Normandy) beserta 7.000 tentara Perancis.

Disusul dengan perang terlama selanjutnya, datang dari Reconquista atau yang sering dikenal dengan sebutan perang salib Iberia yang merupakan serangkaian kampanye militer dan berlangsung sangat lama yaitu selama 781 tahun. Konflik bermula ketika umat muslim asal Afrika Utara merebut Semenanjung Iberia dari Visigoth. 

Tak mau tinggal diam, kesatria Kristen dari seluruh Eropa pun langsung melakukan aksi perebutan kembali wilayah Spanyol dan Portugis. Lalu bagaimana kelanjutan dari cerita perang terlama di dunia lainnya?

Sementara itu, tak lengkap rasanya jika perang tanpa dilengkapi dengan peralatan pertahanan yang canggih. Alutsista merupakan alat yang digunakan sebagai pertahanan sebuah negara juga memiliki harga selangit. Harganya yang terbilang mahal, membuat senjata tersebut sangat sulit didapat bahkan menjadi langka karena hanya dapat dimiliki oleh negara tertentu saja. 

Seperti F-35 Lightning yang merupakan pesawat tempur serbaguna dan memiliki perkiraan harga jet yang mencapai 1,5 triliun dolar Amerika Serikat atau sekitar lebih dari Rp21 triliun. Namun, apa saja keunggulan yang dimiliki alutsista lainnya sampai memiliki harga selangit?

Saksikan berbagai informasi unik lainnya yang pastinya akan menjawab rasa penasaran kamu hanya di New Top Files, Senin (20/9/2021) pukul 19.00 WIB hanya di stasiun Televisi iNews. Program ini juga dapat disaksikan melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+.

#iNews #TopFiles #TopFilesNews #FenomenaUnik #InformasiUnik

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: