Deteksi 2 Siklon Tropis, BMKG Jelaskan Dampak Cuaca bagi Indonesia

Binti Mufarida ยท Selasa, 07 September 2021 - 11:37:00 WIB
Deteksi 2 Siklon Tropis, BMKG Jelaskan Dampak Cuaca bagi Indonesia
BMKG mendeteksi dua siklon tropis di utara Indonesia. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada dua siklon tropis yang berada di utara wilayah Indonesia. Dua siklon tropis tersebut yakni Conson dan Chanthu.

BMKG mengungkapkan siklon tropis Conson saat ini berada di Samudera Pasifik barat, sebelah timur Filipina atau sekitar 980 km sebelah utara Tahuna.

“Arah gerak siklon ini ke barat laut dengan kecepatan 10 knots (20 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Conson persisten dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut,” tulis BMKG, Selasa (7/9/2021).

Sementara itu, siklon tropis Chanthu berada di Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina atau sekitar 1.860 km sebelah utara Manokwari). Arah gerak siklon ini ke barat laut dengan kecepatan 9 knots 150 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

BMKG memperkirakan intensitas siklon tropis Chanthu meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut. Lalu, bagaimana dampak kedua siklon tropis ini bagi cuaca di Indonesia?

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: