Diberhentikan DKPP, Ilham Saputra Tegaskan Masih Komisioner KPU

Aditya Pratama ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 03:00 WIB
Diberhentikan DKPP, Ilham Saputra Tegaskan Masih Komisioner KPU

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.idIlham Saputra menegaskan dirinya masih menjabat sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kendati telah dijatuhi sanksi pemberhentian dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Putusan tersebut tidak serta merta membuatnya dicopot dari keanggotaan KPU.

"Tidak (dicopot) sebagai komisoner, hanya sebagai ketua divisi saja," kata Ilham, Kamis (11/7/2019).

Dia menjelaskan, pencopotan dirinya dari jabatan ketua divisi pengyelenggara dan logistik KPU bukan suatu masalah. Dia pun menghormati putusan tersebut meski sampai saat ini dirinya belum menerima salinan putusan itu.

"Prinsipnya pekerjaan KPU kolektif kolegial. Kami menghormati putusan tersebut," ujar mantan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh ini.

Seperti diketahui, DKPP memerintahkan KPU untuk memberhentikan Ilham dari jabatan ketua divisi teknis penyelenggaraan dan logistik. Ilham dinilai melanggar kode etik terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR.

Keputusan tersebut tertuang dalam dokumen putusan DKPP Nomor: 61-PKE-DKPP/IV/2019. Putusan itu diunggah di situs resmi DKPP, Rabu (10/7/2019).

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian dari jabatan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik kepada teradu III Ilham Saputra selaku anggota KPU RI terhitung sejak dibacakan putusan ini," bunyi putusan tersebut.

Selain Ilham, DKPP juga memberhentikan Evi Novida Ginting dari jabatan ketua divisi SDM, organisasi, diklat, dan litbang KPU. Terkait putusan tersebut, Evi mengatakan bahwa KPU akan menggelar rapat pleno untuk menindaklanjuti.

Editor : Zen Teguh