Dikritik Soal PK Koruptor, MA: 8 Persen yang Dikabulkan

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 19:49:00 WIB
Dikritik Soal PK Koruptor, MA: 8 Persen yang Dikabulkan
Gedung Mahkamah Agung(Foto: dok. Sindonews).

JAKARTA, iNews.id - Mahkamah Agung (MA) kerap mendapat kritik karena mengabulkan peninjauan kembali (PK) oleh koruptor. MA memberikan penjelasan tidak semua PK dikabulkan.

Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Andi Samsan Nganro mengungkapkan pihaknya hanya mengabulkan kurang lebih hampir 8 persen peninjauan kembali (PK) yang diajukan oleh para terpidana korupsi. Dia menyebut mayoritas tidak dikabulkan.

"Menurut data yang ada itu bahwa ada 8 persen yang memang dikabulkan. Jadi masih ada 92 persen yang ditolak," ujar Andi Samsan dalam diskusi daring, Jumat (22/1/2021).

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat ada 65 terpidana korupsi mengajukan PK ke MA. Fenomena ramai-ramai ajukan PK ini dimulai sejak Agustus 2020 hingga saat ini.

"Begitu ramai para napi koruptor ini tiba-tiba, karena dalam waktu yang relatif belakangan ini kalau kemudian dimulai sekitar bulan Agustus-september 2020 sampai hari ini, tadi juga ada persidangan PK," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam diskusi daring, Jumat.

"Tiba-tiba kemudian ramai para napi korupsi ini mengajukan upaya hukum luar biasa dengan berturut-turut sehingga jumlahnya kurang lebih kalau tahun 2020 tadi ada 65 napi korupsi," katanya lagi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2