Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro Pecah Bintang

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:30 WIB
Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantoro Pecah Bintang

Direktur Penyelidikan KPK Endar Priartono kini resmi menyandang pangkat brigjen pol, berdasarkan Surat Telegram Kapolri tertanggal 3 Agustus 2020. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf).

JAKARTA, iNews.id - Mutasi besar-besaran di lingkungan Polri mengukuhkan jabatan Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengukuhan jabatan ini membuat Endar resmi pecah bintang.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1994 itu naik pangkat dari komisaris besar ke brigadir jenderal (brigjen). Di abituren (lulusan) Akpol 1994, sosok lain yang telah lebih dulu pecah bintang antara lain Brigjen Pol Alberd Teddy Bernhard Sianipar.

Pengukuhan jabatan Endar tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis Nomor: ST/2246/VIII/KEP./2020 tertanggal 3 Agustus 2020. Telegram ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Secara keseluruhan terdapat 410 perwira tinggi dan perwira menengah yang dimutasi kali ini, melalui lima surat telegram. Di antara pati yang dimutasi terdapat delapan kapolda.

"Mutasi jabatan merupakan hal alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter (profesional, modern dan tepercaya)," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Selasa (4/8/2019).

Endar termasuk polisi yang kenyang pengalaman di bidang reserse. Sebelum bertugas di KPK, polisi kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah ini menjabat sebagai Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Dia juga tercatat pernah menjabat sebagai Kasubdit IV Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Jauh sebelum itu, Endar juga pernah bertugas sebagai sebagai Kapolres Bangkalan (Madura). Hanya 16 bulan, dia dimutasi sebagai Kapolres Probolinggo.

Rekam jejaknya sebagai penyidik di Bareskrim termasuk menonjol. Ketika bertugas di Dittipidkor, Endar antara lain mengungkap kasus dugaan korupsi Stadion Gedebage, Bandung.

Ketika beralih di Dittipidum, sejumlah kasus juga ditanganinya. Salah satu yang menyita perhatian yakni kasu penipuan terhadap Putri Kerajaan Arab Saudi Lolwah binti Faisal al-Saud.

Editor : Zen Teguh