Ditanya soal Purnawirawan Perwira TNI Ikut Demo, Andika Perkasa Pastikan TNI AD Solid

Wildan Catra Mulia ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 02:30 WIB
Ditanya soal Purnawirawan Perwira TNI Ikut Demo, Andika Perkasa Pastikan TNI AD Solid

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad, Jakarta, Rabu (9/10/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan TNI AD dengan purnawirawan solid. Pernyataan itu disampaikan Andika terkait salah satu purnawirawan perwira TNI Angkatan Laut (AL) ikut demonstrasi beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, struktur TNI bersifat komando hanya menerima perintah dari atasan yang masih aktif. Sementara, purnawirawan tidak lagi memiliki jalur komando.

"Mereka (purnawirawan) sudah berada di luar struktur sudah di luar dinas aktif. Artinya kita dalam bertugas aktif, kita harus memedomani perintah dari komando hingga terus paling atas," ujar Andika di Markas Besar TNI AD (Mabesad) Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

BACA JUGA:

Jelang Pelantikan Presiden, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Kumpulkan Seluruh Pangdam

27.000 Personel TNI-Polri Amankan Pelantikan Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Menurutnya, hubungan personel TNI aktif dengan para purnawirawan bersifat emosional bukan komando. "Kalau ada pesanan dan perintah di luar komando, itu tidak bisa dilakukan," katanya.

Sebelumnya, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI (Purn) Slamet Soebijanto dipanggil Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal), Jumat (27/9/2019) . Pemanggilan karena Salmet ikut demonstrasi di depan Mabes TNI pada 25-26 September 2019.


Editor : Kurnia Illahi