Pilpres 2019

Diunggulkan Jadi Capres 2019, Anies: Jakarta Dulu, Jakarta!

iNews, Disa Amora ยท Selasa, 27 Februari 2018 - 06:10 WIB
Diunggulkan Jadi Capres 2019, Anies: Jakarta Dulu, Jakarta!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Koran SINDO/ Dok)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diunggulkan menjadi calon presiden (capres) 2019 mendatang lewat sebuah survei yang dirilis oleh Lembaga Konsultan Politik PolMark Indonesia.

PolMark melakukan simulasi penantang Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hasilnya, Anies dan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mampu meraih elektabilitas di atas 50 persen.

Menanggapi survei tersebut, Anies menolak berkomentar. Dia hanya menjawab singkat. "Wuh... Jakarta dulu, Jakarta!" tegas Anies di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Dalam survei tersebut, responden disodorkan nama pasangan capres Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan. Hasilnya, sebanyak 53, 3 persen menyatakan akan memilih Gatot-Anies. Jika dibalik, Anies menjadi capres dan Gatot menjadi calon wakilnya, potensi elektabilitas pasangan ini berada di atas 50,4 persen. Namun, Anies enggan menanggapi simulasi dalam survei dari lembaga yang didirikan Eep Saefulloh Fatah tersebut.

Survei PolMark Indonesia tersebut dilakukan dengan melibatkan 2.600 responden dari seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 1,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Setiap responden diwawancarai dengan metode tatap muka.

Sebelumnya, survei Indo Barometer menyebutkan Anies berpotensi menjadi kuda hitam pada Pilpres 2019. Berdasarkan survei dari lembaga pimpinan M Qodari itu, elektabilitas Anies menempati urutan ketiga di bawah Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. Anies muncul sebagai penantang potensial meskipun hasil surveinya terpaut jauh di bawah Jokowi dan Prabowo.

Sementara itu, Partai Gerindra masih mengunggulkan Prabowo untuk maju sebagai capres 2019. Gerindra tinggal menunggu waktu tepat untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo. Soal cawapres, Gerindra mengakui keunggulan Anies Baswedan dan Gatot Nurmantyo.

Editor : Azhar Azis