Divonis 2 Tahun Penjara, Ini Hal Meringankan dan Memberatkan Ratna Sarumpaet

Irfan Ma'ruf · Jumat, 12 Juli 2019 - 05:00 WIB
Divonis 2 Tahun Penjara, Ini Hal Meringankan dan Memberatkan Ratna Sarumpaet

Terdakwa perkara penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet mengikuti sidang putusan di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). (Foto: Antara/Sigid Kurniawan).

JAKARTA, iNews.id – Mantan anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ratna Sarumpaet divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ratna dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan berita bohong (hoaks).

"Mengadili, menyatakan terdakwa Ratna Sarumpaet terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran rakyat," ujar hakim ketua Joni membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Dalam menjatuhkan putusan, majelis hakim memperhatikan hal-hal meringankan dan memberatkan terdakwa. Hal memberatkan yakni Ratna sebagai figur publik seharusnya tidak memberikan contoh yang tidak baik dalam berbuat dan bertindak. Ratna semestinya apa yang sebenarnya terjadi.

BACA JUGA: Jalani Sidang Vonis, Ratna Sarumpaet Kembali Salam 2 Jari

"Terdakwa berusaha menutupi-nutupi kejadian yang sebenarnya," kata hakim anggota Kris Nugroho.

Adapun hal meringankan yakni Ratna dianggap sudah berusia lanjut ketika akan menjalani masa hukuman. Selain itu, dia telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada publik atas perbuatan tersebut.

Ratna dinyatakan bersalah melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1947 yang karena kebohongannya menimbulkan keonaran.

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu enam tahun penjara. JPU mendakwa ibu dari artis Atiqah Hasiholan ini dengan pelanggaran Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Sementara itu Ratna seusai mendengarkan vonis langsung menuju ke bangku paling depan pengunjung sidang untuk menemui keluarga. Ratna kemudian memeluk Atiqah yang setia menemani.

Kerabat yang berada dekat Atiqah turut memeluk Ratna. Atiqah dan kerabatnya kemudian mengucap kata-kata dukungan moral untuk Sarumpaet.


Editor : Zen Teguh