Djoko Tjandra Ditangkap, Ini Jejak Pelariannya

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 23:03 WIB
Djoko Tjandra Ditangkap, Ini Jejak Pelariannya

Buron kasus korupsi cessie Bank Bali Djoko Sugiarto Tjandra. (Foto: ABC/Kinnibiz).

JAKARTA, iNews.id - Buron kasus korupsi Djoko Tjandra ditangkap penyidik gabungan Bareskrim Polri dan aparat Polis Diraja Malaysia (PDRM) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (30/7/2020). Malam ini, terpidana perkara cessie Bank Bali itu diterbangkan menuju Indonesia.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Polri berencana menggelar konferensi pers terkait penangkapan tersebut. Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan menerangkan seputar penangkapan koruptor kelas kakap tersebut.

“Nanti Kabareskrim yang akan menyampaikan,” kata Argo, Kamis malam. Menurut dia, Listyo mengawal langsung pemulangan Djoko.

Kasus cessie Bank Bali mulai diusut Kejaksaan Agung pada September 1999. Seiring pengusutan itu, Djoko ditangkap dan ditahan. Namun pada November 1999 hingga Januari 2000, permohonannya sebagai tahanan kota dikabulkan.

Kejagung tak berhenti menyelidiki kasus ini. Pada 14 Januari 2000, Djoko kembali ditahan oleh aparat kejaksaan. Selanjutnya pada Februari, perkara ini mulai disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Setelah melalui sejumlah persidangan, vonis dijatuhkan pada 28 Agustus 2000. Majelis hakim memutuskan Djoko lepas dari segala tuntutan (onslag). Majelis hakim dalam putusannya menyatakan, dakwaan JPU terhadap perbuatan Djoko sebenarnya terbukti secara hukum.

Namun perbuatan tersebut bukanlah merupakan suatu perbuatan pidana melainkan perbuatan perdata. Karena itu, Djoko lepas dari segala tuntutan hukum. Atas putusan itu, Kejaksaan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Pada 11 Juni 2009, MA mengabulkan vonis Kejaksaan. Djoko dihukum 2 tahun penjara dan denda Rp15 juta. Tidak hanya itu, hartanya Rp546 miliar turut dirampas negara.

Sayangnya, Djoko tidak bisa dieksekusi. Pada 10 Juni atau sehari sebelum putusan MA, dia kabur ke Papua Nugini. Informasi yang diterima pemerintah Indonesia, Djoko selanjutnya telah memperoleh kewarganegaraan di negara tersebut.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua