Dorong Santri Berwirausaha, Ma'ruf Amin Akan Bentuk Gus Iwan

Aditya Pratama ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 16:09 WIB
Dorong Santri Berwirausaha, Ma'ruf Amin Akan Bentuk Gus Iwan

Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

JAKARTA, iNews.id - Santri diharapkan jangan menjadi beban masyarakat. Sebaliknya, santri harus mampu memiliki kontribusi signifikan dalam membawa kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa.

Maka itu Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin akan mengembangkan suatu model program usaha untuk para santri yang diberi nama Gus Iwan. Tujuannya, agar santri mampu berwirausaha.

"Gus Iwan itu, Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan," ujar Ma'ruf di rumahnya, Jalan Situbondo Nomor 12 Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

Dia menuturkan, perlu ada kerja sama dengan pengusaha. Mereka bisa membangun kemitraan dalam berusaha.

"Kita kan ingin mendorong gerakan santri usahawan. Jadi setelah mereka mempunyai ilmu agama yang cukup dengan pendidikan vokasi dan usaha kecil," ucapnya.

BACA JUGA:

Ma'ruf Amin Ajak Santri Dengungkan Jokowi Bukan PKI

Kampanye Januari 2019, Ma'ruf Yakin Elektabilitasnya Naik 1.000 Persen

Menurutnya, beberapa jenis usaha yang bisa diberdayakan dari Gus Iwan dengan membuka kedai kopi, pertanian, dan peternakan. Misalnya, pondok pesantren kerja sama dengan menanam jagung dan memelihara sapi. "Jagung ada sekarang bibit gratisan kemudian ditanam jagung bersama masyarakat," katanya.

Dia menambahkan, dengan membangun perekonomian bisa memakmurkan santri serta menghilangkan tingkat kemiskinan. "Bukan hanya untuk kaum santri, bukan hanya untuk orang Islam tapi untuk seluruh bangsa ini. Makanya saya ajak santri mereka aktif di bidang keekonomian pengentasan kemiskinan membantu pemerintah," ucapnya.


Editor : Kurnia Illahi