DPR Ikut Pemerintah Tunda Pembahasan RUU HIP

Felldy Utama ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 12:13:00 WIB
DPR Ikut Pemerintah Tunda Pembahasan RUU HIP
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - DPR menghargai sikap pemerintah yang menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Tidak hanya menghargai, DPR juga ikut tidak melanjutkan pembahasan RUU yang menimbulkan polemik di masyarakat itu.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengatakan, saat ini DPR sejatinya mengikuti sikap pemerintah. Hal itu terkait fungsi legislasi DPR, yakni penyusunan dan pembahasan RUU mensyaratkan persetujuan dari pemerintah, begitu juga sebaliknya.

"Ikut pemerintah, karena RUU tidak akan bisa dibahas tanpa persetujuan pemerintah," kata Azis saat dihubungi wartawan, Rabu (17/6/2020).

Politikus Partai Golkar ini memastikan tak perlu ada rapat secara resmi untuk menunda pembahasan RUU HIP. Apalagi, RUU tersebut pembahasannya belum terlalu jauh.

"Tidak (perlu rapat resmi). Kan belum ditetapkan sebagai pembahasan. Sekarang dalam tahap harmonisasi draf," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah memutuskan menunda pembahasan RUU HIP yang saat ini sedang digodok DPR. Pemerintah akan fokus pada tugas lain yang dinilai lebih urgen yakni penanganan pencegahan pandemi virus corona (Covid-19).

Keputusan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Mahfud meminta DPR untuk menyerap aspirasi terlebih dahulu.

"Terkait RUU HIP, pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (16/5/2020). Mahfud didampingi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly.

Editor : Djibril Muhammad