Dubes Indonesia untuk Mesir: Penyebaran Ekstrimisme Subur saat Pandemi Covid-19

Inin nastain ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 03:19:00 WIB
Dubes Indonesia untuk Mesir: Penyebaran Ekstrimisme Subur saat Pandemi Covid-19
Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Ambassador Lutfi Rauf (Inin Nastain/MNC Portal)

JAKARTA,iNews.id - Paham ekstrimisme dan radikalisme di Indonesia dinilai masih cukup mengancam. Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 lalu, semakin menyuburkan paham tersebut di kalangan masyarakat.

Hal ini dikatakan Duta Besar Indonesia untuk Mesir Ambassador Lutfi Rauf. Menurutnya, sebelum 2020, isu ekstrimisme merupakan satu dari sedikit isu yang selalu menjadi pembahasan di tingkat global dan menjadi fokus bersama banyak negara.

Akan tetapi, selama dua tahun fokus akan teralihkan dengan kehadiran Pandemi Covid-19 yang telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan.

“Sangat disayangkan, para aktor maupun kelompok yang mengadvokasi paham atau ideologi ekstrimisme dan radikalisme tidak berhenti bekerja di masa pandemi. Justru kondisi pandemi semakin mendukung penyebaran ekstremisme dimaksud, terutama dengan menggunakan dan mengeksploitasi berbagai platform digital. Sehingga mampu mem-penetrasi ke ruang privat sampai ruang kamar pribadi individu-individu,” kata dia dalam Webinar Internasional seri Literasi Keagamaan Lintas Budaya, Kamis (11/8/2022).

Kondisi pandemi Covid-19, kata dia, banyak menimbulkan individu lebih rentan terhadap radikalisasi dan rekrutmen paham ekstrimisme. Hal itu karena banyak orang terisolasi dari dunia lingkungan sosialnya, lantaran menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggunakan platform digital.

"Masalah pemuda merupakan segmen masyarakat yang sangat terekspos ancaman ekstrimisme dan radikalisme. Karena didukung pula oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat masif dan pesat. Hal ini menyebabkan mereka dapat dengan mudah mengakses propaganda ekstrimisme," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda