Dukcapil Minta Masyarakat Segera Perbaiki Salah Tulis Nama di Data Kependudukan

Muhammad Fida Ul Haq ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 15:38:00 WIB
Dukcapil Minta Masyarakat Segera Perbaiki Salah Tulis Nama di Data Kependudukan
Ilustrasi pembuatan KTP (Foto : MNC)

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan nama atau identitas lain dalam kertu kependudukan bisa menyulitkan warga dalam mendapatkan pelayanan. Data yang salah diminta untuk segera diperbaiki.

Data yang salah pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Lahir, masih bisa diperbaiki. Caranya cukup mudah. 
 
“Nah, hasil kajian kita di Dukcapil menunjukkan ternyata banyak penduduk Indonesia yang namanya beda-beda antar dokumen. Nama di akta lahir beda dengan nama di ijazah, nama di ijazah beda dengan nama di KTP dan KK,” ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh, Sabtu (22/1/2022).
 
Zudan lantas meminta masyarakat untuk cek kembali data pribadinya sebelum melakukan perbaikan. Perbaikan data tidak harus melalui instansi Pengadilan. Sebab, pemerintah melalui Kemendagri sudah mengeluarkan Permendagri Nomor 108 Tahun 2019.
 
“Di situ kalau dokumen kita ada yang salah langsung dibawa saja ke Dinas Dukcapil untuk dilakukan pembetulan. Misalnya, data di akta lahir, KTP, dan KK berbeda dengan data di ijazah,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: