Dukung Pembelajaran Tatap Muka Ditunda, KPAI: Banyak Sekolah Belum Siap

Antara ยท Sabtu, 16 Januari 2021 - 01:06:00 WIB
Dukung Pembelajaran Tatap Muka Ditunda, KPAI: Banyak Sekolah Belum Siap
Komisioner KPAI, Retno Listyarti. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengapresiasi kepala daerah yang menunda proses belajar mengajar tatap muka di tengah lonjakan kasus Covid-19. Pasalnya, sekolah berpotensi menjadi klaster baru.

Komisioner KPAI, Retno Listyarti mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan komisi terhadap 49 sekolah di 21 kabupaten dan kota di 8 provinsi, sebagian besar menyatakan belum siap untuk pembelajaran tatap muka (PTM).

"Hasilnya menunjukkan hanya 16 persen sekolah yang siap PTM dan sisanya 84 persen belum siap PTM," katanya di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Kendati demikian, Retno akan mengawasi sekolah-sekolah yang menggelar PTM. Dia menyebut, sekolah di daerah terpencil seperti Kepulauan Riau sekolah dibuka sejak 4 Januari 2021.

Di wilayah yang kasusnya landai dan ada hambatan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), kata Retno, banyak sekolah yang dibuka pada Januari 2021. Dia memastikan KPAI akan mengawasi sekolah-sekolah tersebut agar menjaga protokol kesehatan. Setidaknya, kata dia, ada enam sekolah di Batam yang menggelar PTM yang diawasi.

"Protokol kesehatan dilaksanakan meski di pulau-pulau ini kasus Covid-19 sangat kecil, bahkan nyaris tidak ada," katanya.

Selain itu, kata dia, peserta didik yang masuk tatap muka hanya 50 persen atau separuh dari jumlah keseluruhan siswa.

Editor : Rahmat Fiansyah