Dukung Riset Perguruan Tinggi, Kemendikbud Apresiasi GeNose C19 Alat Pendeteksi Covid-19

Neneng Zubaidah · Sabtu, 16 Januari 2021 - 10:02:00 WIB
Dukung Riset Perguruan Tinggi, Kemendikbud Apresiasi GeNose C19 Alat Pendeteksi Covid-19
Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. (Foto: Kemendikbud).

JAKARTA, iNews.id - Penanganan virus corona (Covid-19) di Indonesia memerlukan langkah cepat, strategi dan kebijakan. Salah satunya dengan menekan kasus secara akurat dan tepat serta harga terjangkau melalui program 4T (testing, tracing, tracking dan treatment) untuk mencegah meluasnya penularan virus tersebut.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengapresiasi para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menciptakan GeNose C19 dalam menangani pandemi di Indonesia. GeNose C19 merupakan alat pendeteksi Covid-19 yang telah teruji secara klinis dan siap diproduksi. Selain itu GeNose C19 juga secara resmi telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Selama masa pandemi ini perguruan tinggi kita sangat sigap  menanggapi tantangan. Banyak sekali karya yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dan tidak hanya sekadar karya yang berakhir pada aplikasi tapi karya yang menghilir pada produksi," ujar Nizam dalam konferensi pers produk pengembangan dan inovasi GeNose, Sabtu (16/1/2021).

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2