Erdogan dan Mahathir Mohammad Ucapkan Selamat ke Jokowi

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 18 April 2019 - 18:11 WIB
Erdogan dan Mahathir Mohammad Ucapkan Selamat ke Jokowi

Capres 01 Jokowi bersama cawapres Ma'ruf Amin dan elite parpol koalisi memberikan keterangan pers di Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019). (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini).

JAKARTA, iNews.id, - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menerima ucapan selamat dari presiden maupun kepala pemerintahan negara sahabat Indonesia. Mereka menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilu 2019 yang berjalan aman dan damai.

Menurut Jokowi, ucapan selamat datang dari 25 negara, antara lain Malaysia, Singapura, dan Turki.

"Yang pertama baru saja dari siang sampai sore tadi kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad dan juga Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan juga dari Presiden Turki Presiden Erdogan (Reccep Tayip Erdogan)," kata Jokowi dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta, Kamis (17/4/2019).

Pernyataan pers disampaikan usai Jokowi bersama cawapres Ma’ruf Amin menggelar pertemuan dengan ketua umum dan sekjen partai politik koalisi. Hadir antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq.

Jokowi mengatakan, Pemilu di Indonesia merupakan pemilihan demokratis dan dilakukan di sekitar 17.000 pulau serta 800.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ini sebuah pemilu besar yang kalau negara lain lihat tentu akan kagum. Dan tingkat partisipasi yang hampir 81 persen itu sesuatu yang sangat tinggi," ujarnya

Mengenai hasil pemilu, Jokowi mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat 12 lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf meraih 54,5 persen, sementara Prabowo-Sandi 45,5 persen.

Kendati demikian, Jokowi mengaku akan terus menunggu dan menanti penghitungan suara oleh KPU. ”Kita tunggu penghitungan resmi dari KPU, yang kita harapkan secepatnya bisa diselesaikan," ucapnya.


Editor : Zen Teguh