Fahri Hamzah Setarakan Kasus Ratna Sarumpaet dengan Baiq Nuril

Okezone · Jumat, 12 Juli 2019 - 10:21 WIB
Fahri Hamzah Setarakan Kasus Ratna Sarumpaet dengan Baiq Nuril

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Ratna Sarumpaet telah divonis dua tahun penjara terkait kasus penyebaran berita bohong alias hoaks. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menilai Ratna terbukti menyebarkan hoaks sehingga menimbulkan kegaduhan.

Menurut Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, kasus yang menimpa Ratna Sarumpaet sama dengan yang dialami Baiq Nuril. Dalam arti, kedua perempuan tersebut dijerat dengan pasal karet.

"Sebenarnya kasus Ratna sarumpaet juga senapas dengan kasus Baiq Nuril," katanya di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

BACA JUGA:

Divonis 2 Tahun Penjara, Ini Hal Meringankan dan Memberatkan Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara Perkara Berita Hoaks

Curhat Baiq Nuril: Saya hanya Rakyat Kecil yang Ingin Membesarkan Anak-anak

Sebagai negara demokrasi, menurut Fahri, Indonesia seharusnya sudah tidak lagi menggunakan pasal-pasal yang mengandung kelenturan hukum. Salah satunya adalah pasal yang menjerat ibunda Atiqah Hasiholan itu.

"Ini adalah akibat dari penggunaan pasal-pasal yang seharusnya dalam tradisi demokrasi sudah tidak boleh ada. Karena mengandung kelenturan untuk menghukum," tuturnya.

Sebelumnya, Ratna terbukti melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana karena telah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dan dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Sedangkan, Baiq Nuril dijerat dengan Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayar 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).


Editor : Djibril Muhammad