Figur Profesional, Erick Thohir Justru Didukung Berbagai Segmen Masyarakat

Felldy Utama ยท Senin, 05 Desember 2022 - 22:44:00 WIB
Figur Profesional, Erick Thohir Justru Didukung Berbagai Segmen Masyarakat
Menteri BUMN Erick Thohir memiliki pendukung dari berbagai segmen masyarakat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di 2024 nanti. (Foto IG @erickthohir)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki pendukung dari berbagai segmen masyarakat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) di 2024 nanti. Hal itu terekam dari temuan lembaga survei Indikator Politik Indonesia terbaru.

Klaster pemilih Erick di antaranya warga di perkotaan atau urban. Di samping klaster tersebut ada pemilih generasi muda dan umat Muslim maupun nonmuslim.

"Erick Thohir didukung pemilih kota, NU, Islam, dan nonmuslim," ucap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Senin (5/12/2022).

Dukungan ini membuat elektabilitas Erick Thohir berada di urutan keempat cawapres pilihan masyarakat. Walaupun bukan berasal dari panggung kepala daerah dan ketua parpol, Erick Thohir merupakan pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat menjadi kepala pemerintahan melalui Pilpres 2024 mendatang.

IPI menemukan Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 9,6 persen sebagai calon orang nomor dua Indonesia selanjutnya.

“Erick Thohir menjadi salah satu figur cawapres yang diinginkan oleh publik, di antara nama teratas Erick Thohir bukan orang partai bukan juga kepala daerah, dia menteri," tutur Burhanuddin.

Burhanuddin menyebut ada poin yang membuat Erick dinilai layak menjadi cawapres. Mulai dari penanganan pandemi Covid-19 dengan mendatangkan jutaan vaksin dan memulihkan ekonomi nasional melalui berbagai program seperti KUR, Mekaar, dan Makmur.

Erick Thohir bahkan mendorong industri dalam negeri memproduksi vaksin Covid-19 sendiri bersama Bio Farma yang diberi nama IndoVac. Tak hanya itu, Erick Thohir juga mendorong pemberantasan korupsi di Kementerian BUMN, Jiwasraya, Asabri, dan Garuda Indonesia.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda