Final, Polri Rekomendasikan 11 Perwira Tinggi Ikut Seleksi Capim KPK

Antara ยท Sabtu, 06 Juli 2019 - 03:27 WIB
Final, Polri Rekomendasikan 11 Perwira Tinggi Ikut Seleksi Capim KPK

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Perwira tinggi (pati) Polri yang ikut seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertambah. Sebelumnya, Polri merekomendasikan sembilan, namun belakangan satu di antaranya mengundurkan diri karena alasan administrasi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, ada sebelas pati yang diberi rekomendasi institusi Polri untuk mengikuti seleksi capim KPK.

"Rekomendasi final yang diberikan Polri ada sebelas pati dan (mereka) secara individu mendaftarkan diri ke Pansel," katanya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/7/2019).

BACA JUGA:

384 Orang Daftar Capim KPK, Hari Ini Mulai Seleksi Administrasi

282 Calon Daftar Capim KPK, Pansel Pastikan Tak Perpanjang Pendaftaran

Satu Perwira Tinggi Polri Mundur dari Seleksi Capim KPK

Sebelas pati tersebut, Dedi mengungkapkan, sudah melalui proses di internal Polri. Namun, dia mengaku, tidak mengetahui persis jumlah pati Polri yang akhirnya mendaftar ke Pansel Capim KPK.

"Silahkan ditanya ke Pansel (Capim KPK) berapa orang yang mendaftar. Kalau 11 pati itu sudah melalui proses secara internal sehingga diberikan rekomendasi," ujarnya.

Dedi menambahkan, sebelas pati Polri yang mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti seleksi capim KPK itu tidak harus mengundurkan dari korps berbaju coklat itu. Hal tersebut sesuai Perkap Nomor 1 Tahun 2015 soal penugasan khusus bagi anggota Polri yang bertugas di 11 lembaga.

"Tetap sebagai anggota Polri, tapi tidak boleh memiliki jabatan struktural di Polri. Ini sesuai Perkap 1 Tahun 2015 soal penugasan khusus bagi anggota Polri yang bertugas di luar institusi Polri," katanya.

Sebelumnya, pendaftaran capim KPK ditutup pada Kamis (4/7/2019) pukul 23.59 WIB. Sebanyak 384 orang mendaftar termasuk tiga komisioner KPK yakni Laode M Syarif, Alexander Marwata dan Basaria Panjaitan.

Anggota Panitia Seleksi Capim KPK Hendardi mengatakan, selanjutnya Pansel akan mulai melakukan seleksi administrasi mulai hari ini. Hasil seleksi akan diumumkan pada 11 Juli 2019.

"Setelah itu, Pansel KPK akan memasuki tahap meminta pendapat publik," ujar Hendardi di Jakarta, Jumat (5/7/2019).


Editor : Djibril Muhammad