Gelombang Pertama Covid-19 di Indonesia Delay 3 Minggu Dibandingkan Dunia

Binti Mufarida ยท Jumat, 24 September 2021 - 09:28:00 WIB
Gelombang Pertama Covid-19 di Indonesia Delay 3 Minggu Dibandingkan Dunia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - First wave atau gelombang pertama Covid-19 di Indonesia delay atau lebih lambat 3 minggu dibandingkan dengan dunia. Puncak kasus Covid-19 di dunia 7 Januari. 

“Puncaknya dunia itu pada tanggal 7 Januari, ini kan Nataru ya, Natal dan tahun baru. Kalau kita 30 Januari beda berapa itu 23 hari ya, sekitar 3 minggu,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam dialog secara virtual dengan Nahdlatul Ulama, dikutip Jumat (24/9/2021).

“Berati kan mereka sudah mulai aktivitasnya beberapa minggu sebelum Natalnya itu sendiri atau aktivitasnya pas liburnya begitu tingginya, sehingga cepat meledaknya,” papar Wiku.

Wiku mengatakan di Indonesia pada saat dunia telah mengalami puncak kasus, di Indonesia terus dilakukan pencegahan aturan untuk tidak menimbulkan ledakan Covid-19.

“Sedangkan Indonesia, saya masih ingat kita membuat aturan-aturan untuk mencegah Nataru itu dengan mengatur perjalanan ke luar negeri, begitu juga dalam negeri. Jadi kita coba cegah tapi ternyata nggak mampu efektif untuk tidak timbul ledakan. Dan terjadi delay seperti ini,” kata Wiku.  

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: