Gerindra Akan Rekomendasikan Ahmad Muzani Wakil Ketua MPR

Felldy Utama ยท Kamis, 08 Februari 2018 - 16:16:00 WIB
Gerindra Akan Rekomendasikan Ahmad Muzani Wakil Ketua MPR
Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Koran Sindo).

JAKARTA, iNews.id - Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani disebut akan menempati posisi Wakil Ketua MPR. Posisi ini menyusul disepakatinya revisi penambahan kursi pimpinan MPR dalam rapat kerja (raker) antara Badan Legislasi (Baleg) DPR dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, meskipun Ahmad Muzani yang berpeluang besar diutus oleh partainya, keputusan akhir tetap ditentukan Prabowo Subianto selaku ketua umum. Dia juga mengaku belum tahu nama selain Ahmad Muzani dari Partai Gerindra yang dinilai pantas untuk Wakil Ketua MPR.

"Tapi kemungkinan besar yang kita ajukan Pak Muzani ya," ujar Fadli, di Gedung DPR, Jakarta(8/2/2018).

Dalam raker Baleg DPR dengan Mengkumham disepakati penambahan tiga kursi wakil Ketua MPR. Tiga kursi itu akan diisi dari partai pemenang Pemilu 2014 secara berurutan, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Raker tersebut juga menyepakati penambahan satu kursi pimpinan DPR dan satu kursi pimpinan DPD. Kursi di DPR akan diisi oleh PDIP selaku pertai pemenang Pemilu 2014, sementara untuk DPD akan diserahkan sepenuhnya kepada internal DPD.

Kesepakatan dalam revisi Undang-Undang (UU) MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) itu diambil setelah delapan fraksi menyetujui adanya penambahan kursi pimpinan. Sementara dua fraksi lain, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai NasDem menolak adanya penambahan jumlah kursi.

Selanjutnya hasil raker Baleg tersebut akan dibawa ke sidang paripurna untuk diambil keputusan.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: