Gerindra, PKS dan PAN Koalisi untuk Pilkada Lima Daerah

Felldy Utama ยท Minggu, 24 Desember 2017 - 23:11 WIB
Gerindra, PKS dan PAN Koalisi untuk Pilkada Lima Daerah

Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional menyepakati koalisi pilkada di lima provinsi. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Pertemuan Partai Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menyepakati beberapa poin menyangkut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Mereka sepakat untuk berkoalisi di  Pilkada Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Maluku Utara (Malut).

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, kesepakatan belum sampai pada penentuan nama calon yang diusung. Menurutnya, nama calon akan dibahas terlebih dahulu di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai masing-masing.

"Kesimpulannya untuk nama-nama calon yang sudah disepakati di provinsi tadi setelah Tahun Baru," ujar Sohibul di DPP PKS, Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Dia mengungkapkan, untuk Pilkada Jatim belum menghasilkan kesepakatan. Namun, ketiga partai yang hadir tetap mengupayakan kesepakatan bersama untuk Pilkada Jatim.

"Kalau di Jatim sendiri ketiga partai tadi tetap ingin berusaha membuat poros baru, tapi namanya dibahas ke partai masing-masing," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk pilkada di daerah lain berbeda dengan Jabar, Jateng, Sumut, Kaltim dan Malut. Menurutnya, ada kemungkinan ketiga partai yang hadir ini mengusung calon yang berbeda.

"Di provinsi lain belum tentu selalu bersama, ada kemungkinan akan bergabung dengan partai lain, tergantung daerah masing-masing melihat konstelasi politik," katanya.

BACA JUGA: Moreno Cagub Jatim, Prabowo: Itu Gagasan Anak Muda, Belum Final

Dalam pertemuan tiga partai itu,  hadir Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri.  Kemudian hadir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sementara dari PAN hadir  Ketua Umum  Zulkifli Hasan didampingi   Sekretaris Jenderal (Sekjen) Eddy Soeparno. Sebelum menyampaikan hasil kesepakatan,  para petinggi partai yang hadir menggelar pertemuan tertutup. Pertemuan dilaksanakan di DPP PKS, Jalan TB Simatupang Nomor 82, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.


Editor : Kurnia Illahi