Gerkindo Usulkan 2020 Menjadi Tahun Sadar Wisata Nasional

Intan Maulida ยท Rabu, 20 November 2019 - 22:36 WIB
Gerkindo Usulkan 2020 Menjadi Tahun Sadar Wisata Nasional

Ketua Umum DPP Gerkindo Yerry Tawalujan. (Foto: iNews.id/Intan Maulida).

JAKARTA, iNews.id – Organisasi sayap Partai Perindo, Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo) bertekad membantu pemerintah meningkatkan sektor pariwisata Indonesia. Gerkindo mengusulkan pada 2020 menjadi tahun sadar wisata nasional.

Tekad dan keinginan membantu pemerintah di bidang pariwisata itu mencuat dalam acara “Pelatihan dan Training of Trainers Sadar Wisata” yang digelar Gerkindo di aula DPP Parta Perindo, Jakarta, Rabu (20/11/19). Acara ini menggandeng Himpunan Akademisi dan Praktisi Pariwisata Indonesia (HAPPI).

Ketua Umum DPP Gerkindo Yerry Tawalujan menuturkan, pelatihan ini merupakan upaya untuk turut berperan dalam pembangunan bidang pariwisata yang menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Agar tercipta kader-kader dan relawan-relawan sadar wisata. Ini supaya program pemerintah yang bagus itu tidak hanya dijalankan oleh pemerintah sendiri, tetapi didukung penuh masyarakat," kata Yerry.

Dia menerangkan, melalui pelatihan ini diharapkan para relawan ini akan terjun ke masyarakat dengan menjadi penyuluh sadar wisata. Dengan demikian, semangat untuk mendorong pariwisata terus tumbuh dapat makin dioptimalkan.

Gerkindo juga siap mendukung lima destinasi super prioritas yang dicanangkan Jokowi atau sering disebut Bali Baru. Lima destinasi tersebut yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang.

BACA JUGA: Cegah Stunting dan Gizi Buruk, Gerkindo Bagi Kacang Hijau ke Warga

Pelatihan Gerkindo ini diikuti 321 orang dari target 150 peserta. Banyaknya yang datang menunjukkan masyarakat juga bersemangat untuk mendukung pariwisata Indonesia.

“Ini luar biasa. Artinya, antusisme masyarakat untuk memajukan daerahnya sangat tinggi. Jadi saya usulkan kepada pemerintah untuk tetapkan tahun 2020 sebagai tahun sadar wisata nasional dan ciptakan gerakan nasional sadar wisata. Kami dari rakyat siap back-up pemerintah,” ucap Yerry.


Editor : Zen Teguh