Gibran Jalani Fit and Proper Test di DPP PDIP Hari Ini

Felldy Utama ยท Senin, 10 Februari 2020 - 13:14 WIB
Gibran Jalani Fit and Proper Test di DPP PDIP Hari Ini

Gibran Rakabuming Raka saat akan mengikuti fit and proper test sebagai bakal calon Wali Kota Solo di DPD PDI Perjuangan Jateng, Solo, Jateng, Sabtu (21/12/2-2019). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tiga bakal calon wali kota Solo untuk Pilkada 2020, Senin (10/2/2020). Tiga tokoh, yaitu putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka; Achmad Purnomo; dan Teguh Prakosa akan menjalani fit and proper test di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP, Bambang Wuryanto menyampaikan tahap fit and proper test ini sudah menjadi mekanisme partai di setiap kontestasi pemilihan umum kepala daerah. Dia memastikan DPP PDIP meminta semua bakal calon kepala daerah untuk datang ke Jakarta menjalani fit and proper test.

"Nanti hadir Mas Gibran, Pak Purnomo, dan Mas Teguh, tiga orang," kata Bambang, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Bambang menegaskan semua bakal calon kepala daerah harus mengikuti tahapan yang ditentukan partai tanpa kecuali. Dalam fit and proper test ini DPP juga mempertimbangkan elektabilitas masing-masing bakal calon di Solo.

Dia yakin pertimbangan elektabilitas bakal calon berpengaruh saat pemilihan, karena menurutnya warga Solo sangat peduli dengan politik. Apalagi jika sudah menyangkut calon pemimpin Kota Solo.

"Solo ini angka surveinya bergerak sangat dinamis. Kenapa? Karena warga Solo adalah warga yang sangat peduli terhadap urusan politik," ujarnya.

Bambang memastikan fit and proper test ini diberlakukan di daerah lain yang menggelar Pilkada serentak 2020, tidak hanya Solo. Bahkan menurutnya DPD PDIP di beberapa daerah sudah terlebih dahulu menggelar fit and proper test.

"Sebelum Solo sudah ada. Semuanya mendapat perlakukan sama, tidak ada yang spesial," katanya.

Editor : Rizal Bomantama