Giliran Nadiem Mendengar Trending, Lawan Tagar Mendikbud Dicari Mahasiswa

Felldy Utama ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 14:30 WIB
Giliran Nadiem Mendengar Trending, Lawan Tagar Mendikbud Dicari Mahasiswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali jadi sorotan. Di media sosial, bos ojek online itu diberondong warganet terkait dengan tuntutan agar Uang Kuliah Tunggal (UKT) digratiskan atau diturunkan terkait pandemi Covid-19.

Sehari kemarin, Selasa (2/6/2020) tagar “Mendikbud Dicari Mahasiswa” (#MendikbudDicariMahasiswa) menjadi trending topic di platform Twitter. Tagar ini juga bersanding dengan “NadiemManaMahasiswaMerana. Ribuan cuitan mengunggah tagar tersebut, mulai dari yang serius hingga berkelakar.

Setelah heboh, giliran Rabu (3/6/2020) hari ini tagar tandingan mencuat. Ribuan cuitan dari netizen yang rata-rata bernada pembelaan mengunggah tagar “Nadiem Mendengar”.

Dipantau dari Twitter, tagar #NadiemMendengar hingga siang ini telah dicuitkan lebih dari 4.000 oleh netizen. Rata-rata berisi pembelaan terhadap Nadiem.

“Sukses selalu #NadiemMendengar,” ucap akun Chila Zio. Hal senada dilontarkan akun coklat putih yang menuliskan cuitan,” Mantap #NadiemMendengar.”

Komisi X DPR menyatakan siap memfasilitasi audiensi antara Nadiem Makarim dengan mahasiswa merespons sorotan terhadap mendikbud tersebut. Dia menilai wajar mahasiswa protes terhadap UKT yang tak diturunkan di masa pandemi Covid-19.

"Kami menilai ramainya tagar #MendikbudDicariMahasiswa sebagai bentuk kebuntuan komunikasi antara para mahasiswa dengan jajaran Kemendikbud. Jika diperlukan kami siap mencairkan kebuntuan komunikasi tersebut dengan mengundang Mendikbud maupun perwakilan Aliansi BEM untuk bicara bersama," kata Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Rabu (3/6/2020).

Editor : Zen Teguh