Gunung Semeru Meletus, Terjadi Gempa Guguran

Rizki Maulana ยท Sabtu, 11 April 2020 - 21:00 WIB
Gunung Semeru Meletus, Terjadi Gempa Guguran

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meletus pada Sabtu (11/4/2020) pagi. Status gunung Waspada Level II. (Foto: iNews.id/Yuswantoro).

JAKARTA, iNews.id - Tidak hanya Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur juga meletus pada Sabtu (11/4/2020) pagi. Erupsi disertai lontaran awan panas putih di puncak yang mengarah ke timur.

Data Magma Indonesia pada Sabtu pagi dalam rentang waktu pukul 06.00-12.00 WIB menunjukkan terjadi 17 kali gempa letusan dengan amplitudo 11-22 milimeter (mm). Lama gempa 65-150 detik.

"Terjadi satu kali gempa guguran dengan amplitudo 2 mm dan lama gempa 70 detik. Jarak luncur dan arah guguran tidak teramati," kata Mukdas Sofian, petugas Magma Indonesia.

Dia menuturkan, dalam erupsi ini juga tercatat tiga kali gempa embusan dengan amplitudo 7-9 mm, dan lama gempa 30-85 detik.

Terhadap aktivitas vulkanik ini, Magma Indonesia mengeluarkan rekomendasi yakni masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif. Kawasan ini merupakan wilayah bukaan kawah aktif gunun berapi ini.

"Kedua, agar masyarakat mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Saloko," ucapnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sebelumnya mencatat erupsi Gunung Semeru terjadi pada Jumat (10/4/2020). Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 400 meter dari puncak.

Selain itu pula teramati 1 kali letusan menghasilkan kolom erupsi warna asap putih tebal tinggi asap setinggi 400 meter arah Utara.

Melalui rekaman seismograf tercatat 42 kali gempa letusan, 22 kali gempa embusan, 1 kali gempa vulkanik dalam dan 2 kali gempa tektonik jauh.

Editor : Zen Teguh