Habib Jafar Shodiq Ditangkap karena Hina Ma'ruf Amin

Irfan Ma'ruf · Kamis, 05 Desember 2019 - 15:41 WIB
Habib Jafar Shodiq Ditangkap karena Hina Ma'ruf Amin

Penceramahan Jafar Shodiq ditangkap aparat Mabes Polri, Kamis (5/12/2019) dinihari. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Penceramah Habib Jafar Shodiq ditangkap aparat Mabes Polri akibat ceramahnya yang ditengarai menghina Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Ucapan yang terekam dalam video tersebut telah viral di media sosial.

Jafar ditangkap dari rumahnya Jalan Tipar Tengah, Mekarsari, Depok, Jawa Barat pada Kamis (5/12/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Informasi ini dibenarkan tetangga Jafar yang juga ketua RT setempat, Witutu.

Menurut dia, Rabu tengah malam pukul 00.00 WIB datang aparat kepolisian dari Mabes Polri ke rumahnya. Polisi menanyakan apakah ada warganya bernama Jafar Shodiq.

”Ya kebetulan kan rumahnya depan rumah saya. Sebagai (ketua) RT saya antar (polisi) ke rumah beliau (Jafar). kebetulan beliau tidak ada di rumah,” ucapnya kepada wartawan. Tak lama, Jafar tiba di kediamannya. Polisi kemudian mendatangi dan menunjukkan surat tugas. Jafar selanjutnya dibawa ke Mabes Polri.

”Gitu aja sih. Dia yang dibawa dan satu orang lagi, tidak tahu keponakan atau saudaranya,” ucap Witutu.

Pada pukul 03.00 WIB, pengacara Jafar datang ke rumah dan mengambil surat penangkapan. Kebetulan rumah itu kosong karena istri Jafar berada di rumah orangtuanya.

Menurut Witutu, Jafar telah menjadi warga di kompleks itu sektiar 8 bulanan. Selama ini dikenal sebagai pendakwah, namun warga tak terlalu mengenal. ”Karena dia kurang sosialisasi ke warga,” ujarnya.

Sementara itu Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono yang dikonformasi belum memberikan keterangan detail. Dia mengaku akan mengecek lebih dahulu. ”Sentar ya, dicek,” ucapnya, singkat.

Ceramah Jafar viral di media sosial karena menyamakan Wapres Ma’ruf Amin dengan sebutan babi. Sejumlah jamaahnya juga berteriak sama karena menjawab ucapan Jafar.


Editor : Zen Teguh